Magenta Solusindo

-let's enjoy open discussion-

Friday, April 21, 2006

No 1.. iPremier

Temans,

ini jawaban yang punya ku. tolong di revisi, di bagusin yah. lagi gak ada ide lagi. udah mentok.

Thanks,
-------

iPremier menghadapi attack (DoS) dengan sangat buruk. Bila diukur dengan menggunakan skala 1 sampai 10, iPremier hanya mendapatkan nilai 4. Syukurlah serang tersebut hanya berlangsung selama 75 menit serta berlangsung pada malam hari, bila tidak kerugian yang akan dialami oleh iPremier akan sangat banyak, tidak hanya berupa tangible value yang bisa dihitung dengan mudah tapi juga intangible value yang sulit untuk dihitung.

Hal-hal yang menjadi faktor buruknya tindakan penanganan attack yang dilakukan oleh iPremier antara lain kepanikan dan kurangnya koordinasi, kedua hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan penanganan attack. Kepanikan ini tidak hanya dialami oleh staff dari iPremier, bahkan CIO, VP dan CEO iPremier pun panik. CIO yang harusnya bisa mengendalikan keadaan, bingung dan panik harus melakukan apa. Hal ini ditambah dengan kondisi CIO pada saat itu yang berada di luar kota. Yang dilakukannnya saat itu hanya menugaskan staffnya untuk mengecek kenapa bisa terjadi seperti itu dan memberitahu perkembangannya lewat telephone. Selain itu, CIO juga tidak bisa menenangkan pimpinan (VP dan CEO). CIO tidak bisa memberikan informasi dan rencana penanganan serangan dengan baik. Sehingga pimpinan ikut panik dan khawatir, dan memberikan solusi-solusi yang tidak relevan. Selain itu, tidak adanya koordinasi antar staff juga berpengaruh sangat besar. Masing-masing staff mencoba mencari tahu masalahnya dan menarik kesimpulan yang salah. Hal ini diperparah dengan tersebarnya kesimpulan yang salah tersebut ke pimpinan (Leon, staff IT, memberitahukan VP sehingga terjadi kepanikan di kalangan pimpinan).

Ada beberapa hal yang harusnya dilakukan oleh CIO iPremier pada saat terjadi attack. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah jangan panik, serta mencoba menenangkan staffnya, sehingga bisa menangani attack dengan baik. Selalu ingat pepatah, berpikir dengan hati dingin. Kedua, CIO harus mendistribusikan tugas ke staffnya. Mendistribusikan disini termasuk membagi-bagi tugas dan memberitahu informasi apa yang harus diberikan ke orang lain apabila ada yang menanyakan. Selain itu, CIO juga harus memberitahukan kondisi yang terjadi pada pimpinan dan mengemukakan rencana-rencana penanganan serangan yang akan dilakukan. Hal ini berguna untuk memberitahukan kondisi serta menenangkan pimpinan. Tapi yang paling penting dari semua ini adalah monitoring. CIO harus bisa memonitoring sampai mana perkembangan yang dilakukan staff untuk menangani attack. Agar bisa memikirkan langkah-langkah selanjutnya yang akan dicapai.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home