Magenta Solusindo

-let's enjoy open discussion-

Wednesday, March 15, 2006

Kodok Loncat .. Mari Berloncatan

Kodok Loncat .. Akankah meloncat pada suatu kemenangan atau kesengsaraan ??

Leapfrog adalah sebuah perusahaan yang berdedikasi tinggi dalam menjadikan industri mainan bukan hanya industri untuk kesenangan biasa tapi juga ada unsur pendidikan di dalamnya. bukan hanya mainan yang menjadi titik permasalahan bagi Leapfrog tapi sarana pendidikan. Contoh produk Leapfrog yang pasti hampir setiap orang, terutama di Indonesia, tau adalah Dora The Explorer. Ini hanya salah satu dari ciptaan Leapfrog dari sekian banyak mainan pendidikan lainnya.

Lompatan-lompatan yang dilalui oleh Leapfrog, bisa digolongkan kedalam 3 tahap, Leap to Exists, Leap to Success and Leap to Lead. penggolongan tiga tahap itu bisa dilihat dari startegic shifts, market structure & busines network dan IT development.

Dari strategic shift, bisa dilihat Leapfrog melalui ketiga strategic shift, Enhance, Expand dan Extend. Enhance dilakukan pada stage-stage awal dimana Leapfrog menuangkan idenya tentang mainan yang bisa mendidik untuk mendapatkan harga yang kompetitive di pasaran. Expand dilakukan dengan membuat diversifikasi produk, mulai dari platform sampai content yang bisa dipisah. Extend dilakukan dengan melompat pada industri sekolah. industri sekolah jelas sangat beda dengan industri mainan. karena lompatan ini, Leapfrog yang sekarang dikenal dengan 2 bisnis modelnya, model pertama di mainan dan model kedua di pendidikan.


Dari market structure and bisnis network, Leapfrog melakukan lompatan-lompatan dalam bekerjasama dengan partner-partner bisnisnya. pada awal-awal kerja sama tersebut lebih bersifat transactional, ada barang yah dibeli, satu kali transaksi selesai. Ini bisa dilihat dengan kerja sama awal Leapfrog dengan toys manufacture dan toy 'r us (pembelian pertama toy 'r us langsung memesan 40.000). kemudian dengan berkembangnya bisnis, kerjasama Leapfrog juga berkembang ke arah contract. kerjasama sudah tidak lagi dilakukan dengan membeli sekali jadi setelah itu selesai. tapi lebih ke yang sifatnya terus menerus dan kontinuitas. Kontrak dengan toko-toko pun dibuat. bila stok di toko sudah mulai berkurang, Leapfrog akan mengirimkan kembali barang2nya. Pada stage terakhir, di lihat kecendrungan lompatan Leapfrog ke Partnership. dengan beberapa perusahaan, Leapfrog membuat kerjasama berdasarkan kebutuhan bersama. tidak lagi sekedar jual dan beli.

Dari segi IT development .... hmm... ini agak bingung. karena belum tau mau nulis apa tentang ini. Ada ide gak ???

0 Comments:

Post a Comment

<< Home