Magenta Solusindo

-let's enjoy open discussion-

Wednesday, March 08, 2006

MTI UI Lecturer Pattern Recognize

Setelah melakukan analisa dan pengamatan yang intensif selama lebih dari satu bulan, didapatkanlah pola-pola (pattern) tertentu dari dosen-dosen pengajar di MTI UI Sem 2. Pola-pola ini berbeda-beda pada masing-masing dosen. Pengamatan dilakukan setiap hari kuliah mulai dari jam 6.30 malam sampai dengan jam 9.00 malam sesuai dengan waktu kuliah di MTI UI. Pola-pola yang digambarkan di sini masih merupakan sebuah hipotesis yang perlu diteliti lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, pola yang dapat diambil adalah :

1. Dosen MSIK (Manajemen Sistem Informasi Korporat), Bapak Rifki Sihab, selalu memberikan handsout yang tidak lebih dari 2 lembar. ini merupakan pola yang paling gampang dilihat dari bpak Rifki. Tapi walaupun hanya memberikan 2 lembar handsout, kegiatan belajar mengajar di kelas bisa full dari jam 7 sampai jam 9. Kegiatan kelas banyak diisi dengan diskusi, mendiskusikan gosip2 di sekitar IT dan organisasi-organisasi yang menerapkan IT tersebut. Jadi hari senin itu hari untuk bergosip IT.

2. Dosen PITI (Perencanaan Infrastruktur Teknilogi Informasi), Bapak Budi Yuwono, selalu konsisten dengan waktu selesai belajar mengajar. Tidak lebih dari jam 8 (bahkan mungkin kurang) kelas pasti sudah diperbolehkan pulang. walaupun banyaknya handsout yang diberikan setiap pertemua itu berbeda, tapi bapak yang satu ini selalu bisa menyelesaikannya jam 8. Manajemen waktu yang sangat baik sekali.

3. Untuk Dosen PSSI (Perencanaan Strategis Sistem Informasi) karena terlalu sering berubah-ubah dosennya, jadi sulit menentukan pola tertentu. Tapi khusus untuk Bapak Zainal A. Hasibuan, lebih sering di sebut pak Uchok, pola yang paling bisa diperhatikan adalah tugasnya. Tugas dari pak uchok ini juga selalu konsisten. Pasti membuat sebuah laporan akhir yang melatih kemampuan (soft skill) demi menciptakan cita-cita luhur UI, being a reseach university.

4. Dosen SPPL (Spesifikasi dan Prasyarat Perangkat Lunak), Bapak Eko K. Budiardjo, selalu memulai perkuliahan jam 7.30 malam. bahkan bisa lebih telat lagi. dan dia selalu mengakhiri pertemuan dengan kata-kata : "Supaya sama dengan kelas yang satunya, saya sudahi sampai di sini. Minggu depan kita akan teruskan.".

Karena pola-pola ini masih merupakan sebuah hipotesis, penelitian untuk mendukung dan membuktikan hipotesis ini sangat dianjurkan. Semoga ini bisa membantu dalam menentukan strategi kuliah agar bisa mengambil ilmu sebanyak banyaknya dan lulus sebaik-baiknya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home