Magenta Solusindo

-let's enjoy open discussion-

Wednesday, March 01, 2006

Haha Hihi bersama Mr. Eko Indrajit

Pertama masuk ke kelas semalem, setelah sebelumnya sempat salah jalan dan telat, agak kaget juga di masing - masing meja terhampar kertas - kertas yang tersusun rapi dan memiliki pola yang sama. Ternyata setelah aku dapatkan tempat duduk dan tanya kanan kiri, mereka sedang belajar tentang perencanaan dan strateginya.

Diskusi panjang lebar dan haha hihi, tapi inti dari diskusi tersebut bahwa organisasi pada masa ini kalo mau sukses musti alignment antara strategi bisnis dan strategi TI. Ketika masa TI sudah menjadi bukan sekedar tools dan support, namun lebih jauh sebagai enabler dan driver keselarasan tersebut harus benar - benar terjaga.

Sebuah organisasi yang wise akan mengetahui exactly seperti apa dia dan di mana posisinya. Seberapa besar peran dan fungsi TI di dalamnya. Kemudian sedapat mungkin akan mengoptimalkan fungsi TI sesuai dengan karakter tersebut.

Basically antara satu organisasi dengan yang lain akan sangat berbeda. Sebagai contoh XYZ yang merupakan konsultan TI di mana harus selalu menyediakan solusi TI yang paling mutakhir ke organisasi lain, TI merupakan weapon, maka organisasi tersebut harus menyediakan resource yang lebih untuk selalu belajar dan memperbaharui knowledge TI yang dimilikinya. Dalam bahasa mudah, dituntut untuk dapat selangkah lebih maju dari yang lain. Orang belum ngerti, kita udah gape.

Selain itu organisasi yang baik juga harus bisa mengelola strategi TInya, terkait dengan implementasinya. Untuk berbagai fungsi seperti TI sebagai cost center, profit center, investment center ataupun service center, organisasi harus bisa mengatur sedemikia rupa sehingga balance. Keseimbangan yang terkait dengan proyeksi pendapatan beberapa tahun mendatang, media politis strategis, dan apapun yang sebenarnya berpartisipasi dalam memperbesar organisasi.

Balik ke haha hihi, satu yang paling membuat mules temen - temen saking lucunya adalah republik ini ternyata sudah membuat satu kebijakan TI yang diwadahi dalam bentuk KePres. Agak sedikit di luar dugaan, kepres itu dikeluarkan pada masa Presiden Megawati. Mr. Eko state dengan tegas bahwa jaman Bu Megawati, beliau memang sangat tergantung dengan TI. Bagaimana tidak, lha wong kalo ngga ada TI jadinya hanya Megawa .. huahahaha kontan satu kelas ger geran.

Cerita yang ada semalem kalo ditulis semua bisa capek scroll pagenya, tapi intinya bahwa strategi itu sangat penting. Semua harus dengan strategi, tapi namun demikian tetap ada hal yang juga tak kalah penting yaitu eksekusinya. Ngutip apa yang dijokekan semalem, ngimpi boleh saja, tapi kalo mimpi tanpa eksekusi selamanya mimpi. Jadi poin kedua yang juga penting adalah eksekusi. Dalam TI hal itu dikonversikan menjadi visi, dan tahapan pelaksanaan. Atau pasangan antara demand and supply dan step - step perangkainya. eh bener gak sih :))

Sampai sini dulu deh .. silahkan yang lain menambahkan.

1 Comments:

  • At 10:22 PM, Blogger Lindawati said…

    emang yang waktu rabu itu menarik banget. yang tadinya ngantuk2 jadi seger. mungkin gara2 di suruh sobek2 kertas kali yah....

    coba kalo semua matakuliah dosennya kayak kemaren. gak nyesel dech bayar 10jt untuk 1 sem. hehehhehe

    PSSI ada bintang tamu lagi gak selain eko??? kalo ada kan seru .. menarik :d

     

Post a Comment

<< Home